Bacaan Do'a Qunut Subuh Yang Benar Arab, Latin, Dan Terjemahan


DOA qunut memiliki arti doa yang diucapkan sambil berdiri tegak dalam salat yang hukumnya sunah. Secara etimologi kata qunut (bahasa Arab: الْقُنُوْتُ‎, qunut) berasal dari bahasa Arab yang memiliki beberapa makna, di antaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa, dan khusyuk. Sedangkan secara istilah qunut ialah doa yang dibaca seorang muslim dalam salat. Qunut merupakan doa yang biasa dibaca saat menjalankan ibadah shalat subuh.


Doa qunut memiliki manfaat apabila dilafalkan. Bacaannya mencakup kebaikan dunia dan akhirat, mendatangkan banyak berkah, dan menjauhkan kita dari segala bentuk mudarat. Terlebih, jika doa ini dipanjatkan rutin selama Ramadan, ketika pintu kebaikan dan maaf dibuka oleh Allah Ta'ala.


Berikut merupakan bacaan Doa Qunut Arab, latin, beserta artinya. Bacaan doa Qunut Arab, latin, dan arti: 

Bacaan Doa Qunut Arab:

 للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ 

Bacaan Doa Qunut Latin: 

"ALLAHUMMAH DIINII FIIMAN HADAIT WA AAFINII FIMAN AAFAIT. WATAWALLANII FIIMAN TAWALLAIT WABAARIKLII FIIMAA A'THAIT. WAQINII BIRAHMATIKA SYARRA MAA QADLAIT. FA INNAKA TAQDLII W ALAA YUODLAA 'ALAIK, WA-INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT. WALAA YA'IZZU MAN AADAIT. TABAARAKTA RABBANAA WATA 'AALAIT. FALAKAL HAMDU 'ALAA MAA QADLAIT ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU I LAIK. WASHALLALLAAHU'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABYYIL UMMIYYI WA-'ALAA AALIHI WASHAHBIHI WASALLAM." 


Arti Bacaan Doa Qunut: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagiMu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya."


Manfaat dan keutamaan doa Qunut Dalam hadist riwayat Al Baihaqi, dari Anas bin Malik dijelaskan keutamaan membaca doa qunut Subuh pendek Arab, yakni “Rasulullah SAW membaca doa qunut selama sebulan mendoakan keburukan untuk mereka. Kemudian meninggalkannya. Sedangkan, pada sholat Subuh, beliau tetap membaca doa qunut hingga meninggal dunia.” Baca juga: Qunut saat Salat Witir sejak Pertengahan Ramadan, Dalil dan Caranya Membaca doa Qunut memiliki beberapa kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh oleh orang yang membaca doa Qunut. Adapun beberapa manfaat membaca doa Qunut dalah sebagai berikut: 


1. Doa Qunut Memberikan Petunjuk Hambanya Bacaan "Allahummahdinii fii man hadaiit” artinya bahwa permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberikan petunjuk. Membaca doa qunut secara terus menerus ketika shalat shubuh, insya Allah, Allah akan menganugerahkan petunjuk kepada para hambanya. 


2. Doa Qunut Untuk Mendapatkan Perlindungan Dengan membaca doa Qunut senantiasa dalam perlindungan Allah SWT baik keselamatan di dunia maupun keselamatan untuk di akhirat kelak. Kalimat di dalam doa Qunut “ Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang mempunyai makna kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan. 


3. Doa Qunut Menghindarkan dari Penyakit Dengan melafazkan doa Qunut bisa tercegah dari penyakit hati, sekaligus bisa membuat fisik sehat, tidak gampang terkena penyakit. Kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” tidak saja diyakini memberi perlindungan berbentuk keselamatan. Kalimat tersebut pula bisa memberikan keselamatan misalnya mencegah hambanya dari setiap jenis penyakit. 


4. Doa Qunut Memberikan Berkah Kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih. Kalimat itu menunjukkan dan menjelaskan bahwa Allah senantiasa menganugerahkan kebaikan berbentuk berkah untuk tiap hambanya.


Mazhab Syafi’i dan Maliki berpandangan bahwa melaksanakan qunut pada shalat Subuh merupakan hal yang dianjurkan. Pandangan ini salah satunya berdasarkan hadits riwayat Anas bin Malik berikut:

 مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad). 


Sedangkan mazhab yang lain, yakni mazhab Hanbali dan Hanafi, berpandangan bahwa melaksanakan qunut bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat shalat Subuh. pandangan ini salah satunya didasarkan atas dua hadits berikut ini:

 إنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ لَا يَقْنُتُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ، إلَّا إذَا دَعَا لِقَوْمٍ، أَوْ دَعَا عَلَى قَوْمٍ 

“Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut ketika shalat fajar (shalat Subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum” (HR Muslim). 

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ 

“Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi” (HR. Bukhari Muslim). 


Pada dasarnya hukum membaca doa qunut Subuh adalah sunnah sehingga bila dibaca mendatangkan pahala dan jika tidak dibaca tak masalah. Hal ini seperti melansir buku ‘Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawai’ terbitan Mutiara Media, qunut dalam sholat Subuh hukumnya adalah sunnah. Berdasarkan hadist riwayat Ibnu Abbas RA, “Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak melakukan qunut dalam sholat Subuh, kecuali beliau terpisah dengan dunia.” Kapan doa qunut dibaca Pada mazhab Syafi'i, doa Qunut dibaca pada rakaat kedua shalat subuh, setelah ruku' dan sebelum sujud. Pada mazhab Hanafi, doa Qunut juga dibaca pada rakaat kedua shalat subuh, tetapi setelah bangun dari ruku' dan sebelum membaca Al-Fatihah. 


Bacaan doa Qunut nazilah dan artinya Sementara itu untuk doa qunut nazilah berikut ini bacaan dan artinya menurut Majelis Ulama Indonesia 


(MUI. Allaahummahdii fiiman hadaiyt. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt. Wa tawallani fiiman tawallaiyt Wa baarikli fiimaa a’thoiyt. Wa qini syarro maa Qodloiyt. Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk. Wa innahu laa yadzillu man waalayt. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt. Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt. Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt. Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk. Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal Munkar. Was Suyuufal Mukhtalifata wasy Syadaaida wal mihan. Maa zhoharo minhaa wa Maa Bathon. Mim Balainaa Hadzaa Khoosshoh. wa Min Buldaanil Muslimiina ‘Aammatan. Innaka ‘Alaa Kulli Syaiin Qadiir. Wa shallaahu ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa’alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam. 


Waktu yang Tepat untuk Dibaca Arti doa qunut nazilah 

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta seluruh keluarga dan sahabatnya.


” Doa qunut dan qunut nazilah memiliki perbedaan pemakaian. Biasanya, doa qunut nazilah dibaca ketika dalam keadaan darurat atau bencana.

cara mengalahkan mesin slot higgs domino trik higgs domino duofu trik higgs domino fafafa terbaru aplikasi menang higgs domino cara merubah sistem higgs domino bocoran slot higgs domino hari ini cara main domino island supaya menang cara bermain domino 4 orang cheat higgs domino higgs domino cara mendapatkan jackpot di higgs domino cara mendapatkan diamond ff gratis cara mendapatkan diamond ml gratis cara mendownload minecraft cara mendapatkan chip higgs domino gratis 1b hari ini cara mendapatkan uang dari tiktok cara mendapatkan uang cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah cara mendownload video di youtube lowongan kerja surabaya lowongan kerja lowongan kerja surabaya 2023 lowongan domino pizza lowongan kerja malang lowongan kerja online lowongan kerja surabaya sma lowongan bumn lowongan bumn 2023 pinjaman chip higgs domino pinjaman online pinjaman pinjaman bri pinjaman kur bri pinjaman online legal pinjaman tanpa jaminan pinjaman tanpa jaminan surabaya pinjaman dana cara cepat haid cara cepat tidur cara cepat hamil cara cepat memanjangkan rambut cara cepat haid dalam 1 jam cara cepat tinggi cara cepat menumbuhkan rambut aplikasi higgs domino aplikasi hack akun higgs domino aplikasi cheat higgs domino aplikasi kirim chip higgs domino aplikasi beli chip ungu higgs domino aplikasi mitra higgs domino aplikasi aplikasi agen resmi higgs domino aplikasi higgs domino speeder aplikasi penghasil saldo dana aplikasi pengolah angka adalah aplikasi pengolah kata disebut dengan aplikasi penghasil uang 2023 aplikasi penghasil uang tercepat aplikasi penghitung kalori aplikasi pengubah suara aplikasi penguat sinyal wifi aplikasi pengolah kata film terbaru 2023 film terbaru film terbaru 2022 film terbaru 2023 indonesia film terbaik film terbaik 2023 film terbaik 2022 film terbaru indonesia film terbaik sepanjang masa film terbaru di bioskop resep nasi goreng resep ayam kecap resep seblak rafael resep kue domino resep nastar resep soto ayam resep seblak resep pizza domino resep opor ayam resep kuah bakso fyp adalah fyp hari minggu fyp artinya apa fyp tiktok fyp hari ini fyp tiktok hari ini fyp 138 fyp hari senin fyp hari selasa fyp hari sabtu harga chip domino harga chip domino 1b harga chip higgs domino 1b harga chip domino 2b harga domino pizza harga 1t chip domino berapa rupiah harga chip domino 1b di indomaret harga pizza hut harga chip higgs slot harga realme c53 harga hp oppo harga hp oppo terbaru harga hp samsung harga hp vivo harga hp iphone harga hp realme harga hp infinix harga hp oppo a16 harga hp oppo a17 prakerja prakerja gelombang 55 prakerja go id prakerja 2023 prakerja gelombang 49 prakerja dashboard prakerja gelombang 54 prakerja gelombang 55 kapan ditutup prakerja gelombang 48 prakerja adalah boruto boruto chapter 79 sub indonesia mangaplus boruto episode 294 kapan rilis boruto terbaru boruto tamat boruto 293 boruto episode 295 kapan rilis boruto chapter 80 sub indonesia mangaplus boruto uzumaki boruto episode 294 kapan rilis boruto episode 295 kapan rilis boruto episode 293 kapan rilis boruto episode berapa sekarang boruto episode 294 sub indo full movie bahasa indonesia facebook naruto episode 38 naruto episode terakhir naruto episode berapa perang dunia ke 4 naruto episode perang dunia shinobi naruto episode jiraiya mati berita viral berita viral terbaru berita viral jawa timur berita viral blitar berita viral di aceh berita viral 2023 berita viral di jember berita viral ponorogo berita viral kalteng berita viral hari ini di indonesia video viral video viral syakirah video viral tiktok video viral twitter video viral pt cikarang video viral anjing di lempar ke buaya video viral ciwidey video viral 2023 video viral wanita bercadar ciwidey video viral indonesia video viral artis tiktok video viral artis 2022 video viral artis 2023 video viral artis lokal kalimantan tengah video viral artis tik tok syakira video viral artis 47 detik video viral artis lombok terbaru jual beli akun higgs domino jual beli chip higgs domino jual beli akun ff jual beli akun ml jual beli chip higgs domino murah jual beli motor bekas surabaya jual beli chip jual beli mobil bekas surabaya jual beli hp bekas surabaya jual beli laptop surabaya mobile legends mobile legends redeem mobile legend redeem code mobile legends vng mobile legends mod mobile legends web mobile legends profesional liga indonesia mobile legends mod apk unlimited money and diamond mobile legends profesional liga indonesia s11 mobile legend lite cara hack slot cara hack slot domino cara hack situs slot cara hack slot online cara hack cara hack cctv cara hack quizizz cara hack game slot cara hack jawaban google form cara hack scribd cara bobol sandi wifi cara bobol wifi cara bobol akun higgs domino lewat id cara bobol slot cara bobol situs slot cara bobol mesin slot cara bobol akun higgs domino orang lain cara bobol slot olympus cara bobol chip domino cara bobol wifi tanpa aplikasi michat apk michat bo michat web michat surabaya michat mod apk michat lite michat mod michat tanpa iklan michat login michat bo banyuwangi tiket argentina vs indonesia tiket argentina tiket argentina vs indonesia harga tiket argo bromo anggrek tiket artinya tiket ari lasso tiket ariel noah tiket argopuro tiket art gallery surabaya tiket arjuno indonesia indonesia vs argentina indonesia vs palestina indonesia4d indonesia open indonesia vs argentina kapan indonesia argentina indonesia vs argentina jam berapa indonesia inggris indonesia vs argentina 2023 viral togel viral slot viral 4dp viral twitter viral video viral dan hera viral pupuk indonesia viral syakira viral hari ini viral ciwidey video artis tarif 80 jt video artis 47 detik video artis terbaru video artis cilik psp soleram video artis tiktok viral video artis india video artis hollywood video artis melahirkan video artis cilik mcp kucingku belang tiga trik higgs domino olympus trik higgs domino terbaru trik higgs domino slot trik higgs domino modal sedekah trik higgs domino fafafa terbaru trik higgs domino duofu trik higgs domino slot duofu duocai trik higgs domino dragon trik higgs domino jin ji bao xi trik jackpot slot trik jackpot higgs domino trik jackpot dragon trik jackpot fafa trik jackpot panda trik jackpot trik jackpot slot olympus trik jackpot jin ji bao xi trik jackpot rezeki nomplok trik jackpot setiap hari bacaan sholat bacaan tahiyat akhir bacaan tahlil bacaan bilal tarawih bacaan sholawat bacaan sholat jenazah bacaan tasbih bacaan surat yasin bacaan ayat kursi bacaan i'tidal hukum bermain higgs domino hukum main domino tanpa uang hukum higgs domino hukum main domino online hukum main domino higgs hukumtoto hukum jual beli chip higgs domino hukum hukum bermain game higgs domino gambar rumah anak tk gambar rumah gambar rumah minimalis gambar rumah adat gambar rumah anak tk yang mudah gambar rumah sederhana gambar rumah kartun gambar rumah joglo gambar rumah adat dan asalnya gambar rumah mewarnai anak sd gambar rumah minimalis gambar rumah minimalis sederhana gambar rumah minimalis 2 lantai gambar rumah minimalis tampak depan terbaru gambar rumah minimalis modern gambar rumah minimalis sederhana di desa gambar rumah minimalis tampak depan gambar rumah minimalis 6x8 gambar rumah minimalis 5x10 gambar rumah minimalis terbaru desain rumah minimalis desain skin kadita desain grafis desain komunikasi visual desain rumah desain kamar tidur desain kartu domino desain kaos desain rumah minimalis modern desain baju cara mendaftar ppdb online smp 2023 cara mendaftar bpjs kesehatan cara mendaftar ppdb online cara mendaftar slot cara mendaftar ppdb online sma 2023 cara mendaftar di puskesmas cara mendaftar npwp online cara mendaftar tiktok affiliate cara mendaftar shopee food cara mendaftar kartu telkomsel trik jitu main slot trik jitu hk trik jitu hk malam ini trik jitu togel trik jitu sdy trik jitu lotre rokok trik jitu membaca odds trik jitu slot trik jitu 2d semua pasaran trik jitu slot olympus uang gratis uang gratis dari pemerintah uang gratis langsung transfer uang gratis dari pemerintah 2023 uang gratis ovo uang gratis dari bri uang gratis hari ini uang gratis langsung masuk rekening uang gratis dari google uang gratis paypal bantuan bantuan langsung tunai bantuan pangan non tunai bantuan pkh bantuan umkm bantuan ppkm bantuan pbi jk bantuan higgs domino bantuan facebook bantuan subsidi upah usaha rumahan usaha sampingan usaha menjatuhkan pemerintah yang sah tts usaha modal kecil usaha yang menjanjikan usaha adalah usaha ekstraktif adalah usaha mikro kecil menengah usaha penjualan mie ayam keliling dikelola secara usaha pertanian banyak dilakukan penduduk di daerah yang tinggal di daerah kerja di rumah lipat kotak surabaya kerja di rumah lipat kotak sidoarjo kerja di rumah disebut kerja di rumah sakit kerja di rumah bahasa inggris kerja di rumah tanpa modal kerja di rumah sakit lulusan sma kerja di rumah online kerja di rumah makan kerja di rumah menghasilkan uang
Lebih baru Lebih lama